WHAT'S ON THIS BLOG

Minggu, 16 Oktober 2016

[ALBUM REVIEW] BTS - WING

W to the I to the N to the G

WING~

Sebelum gue bahas lagu dalam album yang mana AWESOME, gue akan sedikit ngebahas soal MV (Music Video), tapi yang gue bahas ini bukan teori-ny ya, kalo masalah teori kalian bisa menemukan di twitte atau blog  karena detektif A.R.M.Y sudah menjelaskan secara detail.

Awal pertama kali ngeliat MV Blood Sweat & Tears ( 눈물) gue teringat sama MV 2PM yang My House, karena nuansa latar di MV ini sama dengan jalan cerita yang berbeda. Dengan pakaian yang ala-ala pangeran dan bangsawan itu mereka terlihat sangat dewasa dan tampan! Transisi antara bagian di MV Blood Sweat & Tears itu halus banget. Aesthetic-nya juara deh (SUGA juga juara!!! Oh my! black hair Suga itu udah maximal banget deh gantengnya hohoho /fangirl detected/) (tetapi gue masih lebih suka dengan MV Young Forever) wkwkwk.


atas: BTS - bawah: 2PM

Di album ini BTS semakin menunjukan kedewasaannya di bidang musik. Setelah menutup masa muda dengan The Most Beautiful Moment: Young Forever, album ini mampu menunjukkan kualitas vokal masing-masing member pada solo track mereka. (btw selamat ya J-Hope ini adalah eramu, dengan 2 lagu solo :* proud of you!)


Setiap lagu di album ini punya sesuatu yang membuat lo ketagihan untuk mendengarkannya berulang kali. Ada 15 track dengan 7 solo track untuk masing-masing member. Jujur aja pas gue mendengarkannya lagu-lagu di album ini mengingatkan gue dengan HYYH series tetapi lebih misterius. Secara pribadi gue lebih suka lagu-lagu BTS jaman school trilogy selain musiknya yang BTS sekali, liriknya juga lebih ngena di gue. Bukannya gue bilang bahwa jenis musik di album ini bukan ‘BTS sekali’ cuma pas pertama kali dengerin seluruh track di album ini hanya ada 1 lagu yang langsung gue sukai, “21st Century Girl”, udah itu doang (sama “Reflection” deng sama “MAMA” juga /plin-plan/ wkwkw)


Seperti biasa, lagu pembukaan di album BTS biasanya adalah lagu rap yang dibawakan oleh rap line dan ditutup oleh lagu yang dibawakan oleh vocal line. Tetapi sepertinya tidak berlaku di album ini, wkwkwkw. “Intro  Boy Meets Evil” dibawakan J-Hope feat Jungkook, buat  gue warna suara J-Hope itu khas banget dan gue menyukainya (pake banget), lalu dibagian refain ditambah suara Jungkook, lengkap sudah intro ini! Keren!

Sebagai title track “Blood Sweat & Tears” ini tipe lagu yang mudah di sukai karena kental dengan EDM-nya, emang sudah pas dijadikan title track karena ada bagian yang easy listening (hayo siapa yang keracunan bagian ‘manhi manhi manhi’?). Selain itu aura-aura sexy dalam lagu ini dan koreografinya juga kerasa. Btw apakah kalian tahu bahwa lirik ‘peaches and cream’, ‘chocolate wings’ itu ada arti lainnya? /Namjoon kau pervert sekali! wkkwk/ /silahkan googling artinya sendiri ya, diluar tanggung jawab gue/


Ada nuansa yang cukup misterius yang gue tangkap saat mendengarkan lagu “Begin” yang dibawakan oleh Jungkook. Walaupun musiknya ‘clubbish’ banget, jujur gue gak berani dengerin lagu ini malam-malam karena rasanya horor aja gitu background musicnya, tetapi lagu ‘Begin’ ini cukup menipu walaupun intronya rada seram, tapi pas ditengah-tengah hilang rasa seramnya itu. Secara lirik ini ngena banget tentang ‘Kookie yang sama sama hyungdeul’ emang lagu ini di dedikasikan buat member, tetapi kok yang nyumbang lirik masa si Namjoon? Wkwkwkwk.


“Lie” “Stigma” “Awake” dan “Lost” adalah lagu-lagu tipe galau walaupun bagi gue gak segalau Reflection-nya Rap Monster.

Suga yang membawakan lagu ”Fist Love”  ini memiliki melody yang lambat dengan rap yang kalo didengar agak menyayat-nyayat hati, belum lagi suara-suara orkestra sebagai background music membuat lagu ini semakin kaya dan enak di dengar. Eeeh  tapi sayang banget lagu ini kena sensor. huhuhu.



“Reflection” adalah lagu yang paling emosial dan galau sepanjang album ini. Detail beat dan vibe-nya dewa banget! Musik jenis ini yang bikin nyaman saat mendengarkannya, seakan stress gue terangkat. Intro yang menggunakan bahasa inggris juga membuat lagu ini jadi lebih spesial. Liriknya juga ngena banget, rasanya pengen gue peluk RM yang lagi nangis. Menyanyat hati banget. Lagu ini bercerita tentang sisi sentimentalnya Rap Monster, insecure-nya atas dunia dan juga bahwa dia adalah manusia, sama seperti kita.

Awalnya gue gak nyangka bahwa Cypher akan berlanjut setelah di 2 album sebelumnya gak ada Cypher, tetapi  “BTS Cypher 4” membuat gue bahagia (Cypher fans no. 1 tetapi si V lah). Kembali dengan lagu yang ‘menampar’ ini membuat gue ngerasa BTS banget, seakan-akan mereka berkata, “Why are you blaming me for your miserable life? Plz stay healty and watch me.” wkwkwk. Jadi kalo ada hater, kasih aja lagu ini karen a lagu ini dibuat khusus untuk mereka.
“I like negative comment more than no comment.” – BTS Cypher  4
Selanjutnya lagu “Mama” dari J-Hope tidak ada nuansa galau seperti solo track yang lainnya. Suara J-Hope yang khas juga membuat gue suka dengan lagu ini. Dia tuh kalo ngomong dan nyanyi suaranya sama, hahaha.



“Am I Wrong” memiliki nuansa lagu yang setipe dengan 21st Century Girl dan Cypher 4, dan bagi gue ini lagu BTS banget. Hahahaha


Track nomer 13 yaitu “21st Century Girl (21세기 소녀)” menjadi lagu favorit gue sepanjang album! Sedikit mengingatkan gue sama lagu Fun Boyz. Nuansanya yang happy membuat semangat naik. Eh pas liat performnya BTS juara banget deh! Mana Suga jadi center lagi dan cocok banget sumpah. Jarang-jarang gue liat Suga se-hyper ini dipanggung/fangirlmodeon/. Lagu ini berisi pesan untuk para cewek-cewek agar menjadi lebih percaya diri, memberi semangat dan liriknya manis banget (ini nilai plus bagi BTS, mereka itu aware banget sama masalah sosial dan topik tentang ini dijadikan lagu penyemangat. Aaaaah sukaaa). Selain itu lagu ini menunjukan playfull side dari BTS, setelah track-track sebelumnya menunjukan sisi musik BTS yang lebih dewasa, lagu ini cocok di dengarkan pada pagi hari sebagai penyemangat.



Setelah mendengar lagu yang membuat mood naik, lagu “Two! Three! (Hoping For More Good Days)” ! ! (그래도 좋은 날이 많기를) bisa dianggap sebagai penetral. Tambah spesialnya lagi, lagu ini menjadi official fan song buat A.R.M.Y. dari pada lirik yang manis-manis merayu, lagu ini jauh lebih jujur. Seakan mereka mengatakan mari berjalan bersama dan terima kasih sudah bersama mereka selama ini. Saat pertama kali mendengarkan (read: baca liriknya krena gue buta bahasa korea wkwkw) gue langsung ingat masalah Sajaegi alias tuduhan yang mengatakan bahwa BTS melakukan kecurangan pada penjualan albumnya (perusahaan membeli produknya sendiri untuk meningkatkan penjualan) pada tahun 2015.
“Because you don’t have power, You would centainly have done dirty deeds.”
Gue inget banget waktu ada komentar, ‘Gak mungkin idol dari agensi kecil bisa menjual album dengan jumlah yang fantastis (selevel dengan Bigbang dan TVXQ).” (Eh btw, intro-nya mengingatkan gue akan lagu Peterpan, wkwkwk)

Tracklist album ini ditutup oleh “Interlude  Wings” dengan harapan bahwa mereka bisa melebarkan sayap dan terbang tinggi. Eh tapi rasanya BTS itu udah dapet 'Wing' tapi masih struggling untuk terbang tinggi. Iya gak sih?

Disini V cakeeep banget /love love love/
Overall, semua lagu di album ini banyak menunjukkan sisi BTS yang dewasa tetapi mereka juga masih memiliki sisi remaja yang kental. Kita banget gak sih? Apalagi umur gue juga setara dengan mereka. Jadi ngerasa pas.

Jika gue bisa memberikan nilai, mungkin 7/10 dan lagu yang gue rekomendasikan adalah First Love.

So.. apa track favoritmu di album WING ini?




2 komentar:

  1. Wihhh... BTS.. cowok-cowok kece..
    Aku suka banget video klip dari lagu-lagu mereka..

    2PM juga, keren.. tapi aku lebih suka 2PM sih dari BTS.. :D

    #SalamSapa

    BalasHapus
  2. First lovenya suga... Suara suga disini sexy bgt...😅😅😅

    BalasHapus