WHAT'S ON THIS BLOG

Sabtu, 15 Oktober 2016

RFG #1 : Euforia Wisuda dan Setelahnya


Realita Fresh Graduate #series

Realita Fresh Graduate Cover
Hai kalian yang sedang membaca tulisan gue, semoga kalian mengalami hari-hari yang menyenangkan. Sesuai judulnya gue akan menulis perjalanan dan pengalaman gue memasuki dunia yang sesungguhnya. Perlu dicatat bahwa tulisan ini berdasarkan kacamata gue, sehingga mungkin akan berbeda untuk setiap orang. Ohya jika kalian juga memiliki pengalaman yang menarik yuk saling berbagi ^^

#1 : Euforia Wisuda dan Setelahnya

"Akhirnya wisuda juga!" Itulah yang gue teriakkan ketika selesai yudisium pada tangga 29 Juli 2016 dan gue bisa wisuda di bulan agustus 2016. Wisuda menjadi suatu hal yang sangat membanggakan dan menggembirakan setelah menempuh pendidikan selama 4 tahun yang penuh perjuangan ditambah dengan pusing-stress ngerjain penelitian dan skripsi. 



Tidak lebay menurut gue karena memang perjuangan untuk wisuda itu tidaklah mudah, dari kuliah hingga ujian selama 8 semester dan diakhiri dengan penyusunan skripsi dan sidang hingga dinyatakan lulus. 

Ada banyak hal yang menyenangkan ketika di Wisuda, orang tua yang bangga dan teman-teman yang ikut bersuka cita. Bunga, hadiah, ucapan selamat dan doa yang terus mengalir pada hari itu. Gue boleh berbangga sedikit kan?

Sabtu, 27 Agustus 2016. 

Pada hari itu rasanya bahagia sekali, gue gak memikirkan apapun atau bagaimana nasib gue setelah lulus. Hanya merasakan bahagianya memakai toga dan membawa ijazah dengan bonus selempang 'sangat memuaskan'

Lalu setelah itu bagaimana?

Satu hari setelah wisuda gue terdiam. Lalu apa yang gue inginkan? Nyari kerja. Itulah jawabannya tetapi disatu sisi gue kembali termenung. 

Modal ijazah doang nih? Emang cukup?

Sejujurnya gue bukan orang yang aktif di organisasi dan juga gue bukan tipe orang yang punya daya ingat luar biasa. Jadi gue harus membuka buku dulu untuk mengingat-ingat segala hal tentang kimia. Tapi gue gak sebodoh itu sampai dasar kayak ngitung konsentrasi aja lupa. Walaupun gitu gue merasa hampa, terkadang gue mikir "Gue belajar kimia 4 tahun, masa kayak gini aja gak bisa."

Kata Bapak, memilih kuliah itu hanya ada 2 alasan : karena menyukai ilmunya atau memang terpaksa (sudah masuk di jurusan itu)

Jadi kalo misalnya lo ngambil Kimia karena lo suka ilmunya, sampai kapanpun lo gak bakalan lupa. Tetapi gue tipe yang kedua, gue suka kimia karena saat SMA banyak perhitungannya tapi gue gak suka ngafalin yang ribet-ribet macam penamaan senyawa organik. Susaaah coy!!!

Balik lagi deh bahas setelah wisuda (sebelum melenceng jauh, wkwkwk) soalnya percuma mau menyesal juga sudah lulus ini wkwkwk. 
Banyak orang bilang bahwa setelah lulus adalah dunia yang sesungguhnya dan itu adalah benar. Ada dua realita yang dihadapi mahasiswa yang baru lulus yaitu melanjutkan pendidikan atau mencari kerja. 

Gue milih yang kedua dengan beribu alasan yang memang harus di prioritaskan.

Dunia kerja itu luas, lowongan itu banyak, tapi apakah mendapatkan perkerjaan yang cocok itu mudah? 

Tidak.

Karena ada satu lagi realita yang harus di hadapi. Pengangguran. 

Selanjutnya: RFG #2 : Wawancara Seorang Fresh Graduate


Tidak ada komentar:

Posting Komentar