WHAT'S ON THIS BLOG

Minggu, 20 Mei 2012

Perjuangan TVXQ/DBSK/TOHOSHINKI di Jepang


TVXQ Chibi

Sebelumnya gue cuma pengen ngasih tau. Gue nulis ini dengan pengetahuan gue tentang TVXQ/DBSK yang pas-pasaan, jadi kalau ada yang salah mohon koreksinya ^^

Red Ocean at Mirotic Concert
Gue baru saja selesai nonton TVXQ/DBSK 3rd Asia Tour Mirotic Concert. Dari awal nonton sampai akhir puaaaaaaaaaas banget (download video-nya dari youtube) . Konsep panggung yang 'WOW' banget, dance yang powefull dan yang ga kalah pentingnya suara yang bagus banget banget. Kalau udah ngomongin soal TVXQ suka spechless -____- (walaupun di 3 lagu pertama mereka lipsync, tapi cukup puas liat dance yang powerfull itu)



Setalah download Mirotic Concert, gue berniat buat download TOHOSHINKI 4th Live Tour 2009 The Secret Code Concert Final In Tokyo Dome. Tapi sayangnya gue baru sempat download 1 part aja dari 14 part yang ada *ngenes*

Gue pernah denger kalau gak sembarangan orang bisa konser di Tokyo Dome. Tempat yang mempunyai kapasitas 55.000 pernah menjadi saksi bisu dalam perjalan TVXQ di jepang. Tidak seperti K-pop Stars sekarang yang dengan mudah memasuki industri hiburan di Jepang. TVXQ harus bersakit-sakit dahulu sebelum menikmati popularitas seperti sekarang ini.

TVXQ mulai debut di Korea tanggal 23 Desember 2003. Tapi gue ga akan membahas soal TVXQ yang dikorea. Hehehe

Dengan berbekal talent mereka dan bahasa Jepang yang pas-pasan, mereka berani masuk ke industri hiburan di Jepang. Sejujurnya gue ga terlalu tahu bagaimana perjalanan karier mereka di Jepang, karena gue ga mengikuti perkembangan (gue baru jadi Cassie tahun lalu) tapi gue pernah search dan mencari sedikit informasi.

Kita semua tahu (re: Cassiopeia) bagaimana perjuangan idola kita di Negeri Sakura tersebut, yang mulai dari 0. Saat pertama kali menginjakan kaki mereka di Jepang mereka pernah 'ngamen' dan  bernyanyi di mall dengan menggunakan mic kabel dan yang menontonpun ibu-ibu yang sedang berbelanja sambil membawa anak. Nyanyi sekaligus dance dengan menggunakan mic kabel itu ga gampang loh. Saat itu mereka hampir menyerah dan sempat stress karena perubahan bahasa.

Walaupun mereka terkenal di Korea untuk diakui di Jepang itu susah banget. Sampai akhirnya mereka diundang keacara TV di jepang (kalau ga salah judulnya VS Jepang) dan itu ditanyangin jan 3 pagi. Siapa yang mau nonton acara subuh-subuh kayak gitu? -___-
Kemudian mereka mengajadakan konser yang ditonton sekitar 200-500 orang.

Walaupun TVXQ bukan orang korea pertama yang debut di Jepang.  Karena orang pertama yang debut di Jepang adalah BoA (Senior TVXQ, yang debut tahun 2001 di Jepang) tetapi jalan mereka berbeda. Saat BoA debut di Jepang, warga Jepang awalnya mengira bahwa BoA adalah warga Jepang asli, setelah berjalan beberapa lama barulah diketahui bahwa BoA adalah orang korea. Bedanya dengan TVXQ adalah dari awal mereka debut mereka sudah dikenal sebagai boyband Korea. Dan juga warga Jepang tidak mengetahui kalau BoA dan TVXQ berada di Management yang sama. Jadi sekarang kalian pasti tahu bagaimana mereka dianggap sebelah mata dan harus bisa bersaing dengan boyband SMAP, ARASHI, KATTUN yang sangat tenar disana.

Setelah mengeluarkan single pertama berjudul “Stay With Me Tonigh” pada tanggal 27 april 2005 (salah satu lagu fav gue) mereka mulai dilirik dan segelintir orang menyebut diri mereka BigEast (Nama Fans TVXQ di Jepang). Di Jepang mereka terkenal dengan nama TOHOSHINKI (mungkin karena lidah orang Jepang susah bilang Tong Vfang Xien Qi, jadinya TOHOSHINKI aja biar gampang nyebutnya. Tapi artinya tetap sama “The Rising Gods of the East)

Red Ocean at Tokyo Dome
Butuh waktu 4 tahun sebelum diakui di Jepang. Puncak karier mereka waktu mengadakan TOHOSHINKI 4th Live Tour 2009 The Secret Code Concert Final In Tokyo Dome. TVXQ bukan orang korea pertama yang konser disana, sebelumnya ada Rain. Tapi TVXQ adalah BOYBAND PERTAMA yang konser di Tokyo Dome dan dihadiri lebih dari 300.000 penggemar.



Lagu-lagu mereka pun berhasil menjadi jawara di chart paling bergengsi di Jepang, Oricon. Dan mereka berhasil memecahkan rekor disana. Mereka  tidak hanya mentranslate lagu Korea seperti yang dilakukan Boyband atau Girlband lainnya, tetapi mereka menciptakan lagu dalam bahasa Jepang dan menyanyikannya. Bahkan TVXQ dianggap sebagai Boyband Jepang.

Setelah 4 tahun kerja keras dari panggung jalanan sampai Tokyo Dome, akhirnya perjuangan mereka membuahkan hasil, dan diakui sebagain boyband papan atas di kedua negara yaitu Korea dan Jepang serta memiliki penggemar yang setia (Cassiopeia dan BigEast).

Beberapa prestasi yang berhasil mereka raih :

1.     Tahun 2008 mereka merilis album ke-4 "Mirotic" dan penjualan albumnya lebih dari 502.837 kopi dan menjadi album dengan penjualan lebih dari 500.000 setelah 6 tahun  di Korsel
2.     Penyanyi luar negeri pertama dari Korsel yang tampil di acara fetival musik tahunan Jepang "Kouhaku Uta Gassen" yang hanya artis-artis penyanyi terkenal yang bisa mengikuti acara ini.
3.     Penyanyi pertama dari Korsel yang mengadakan konser di Tokyo Dome.Untuk dapat konser disana setiap penyanyi akan diawasi selama 1 tahun karir musiknya di Jepang,baru diizinkan atau tidaknya untuk konser disana,oleh karena menjadi suatu kebanggan apabila dapat mengadakan konser disana bahkan bagi penyanyi Jepang sendiri.
4.     Guinness World Record untuk Fansclub terbanyak yaitu 800.000 member hanya untuk wilayah negara Korsel,nama Fansclub TVXQ adalah Cassiopeia
5.     Guinness World Record untuk artis paling banyak difoto yaitu 500 juta kali
Prestasi inilaha yang menunjukkan keberadaan mereka di dunia hiburan dunia dan membuat fans mereka terutama aku bangga menyukai dan mengagumi mereka.

Dan masih banyak prestasi yang lainnya, kalau disebutin semua bisa berlembar-lembar, Wikipedia aja kesusahan menuliskan penghargaan TVXQ yang sangat banyak. Hahaha

PS : Always Keep The Faith and Believe


Thanks for being a wonderfull fan ^^


2 komentar:

  1. gilee ilmu lu udah lebih tinggi dari gue sebagai senior wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo senior *bungkuk* Hahaha
      Perasaan gue tau ini dari elu dah -_____-

      Hapus